Saturday 5 December 2015

Tata Cara dan Peralatan Kerja AC Split.



Untuk memprbaiki dan merawat AC diperlukan beberapa peralatan dengan kondisi yang baik. Hal ini di maksudkan agar tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pekerjaan.

1. Pompa Steam (Air Cleaner)

Pompa steam di gunakan ketika melakukan perwatan AC. Peralatan ini berfungsi menyemprotkan air bertekanan tinggi untuk membersihkan komponen evaparetor, filter udara, dan kondensor. Biasanya, setelah tiga bulan pemakaian AC, debu dan kotoran akan menempel pada bagian evaporator dan kondensor. Jika tidak dibersihkan, akan berakibat pada penurunan kerja AC, seperti  suhu ruangan yang kurang dingin, bahkan bisa menyebabkan kerusakan kompresor karena di paksa terus bekerja. Untuk membersihkan bagian – bagian tersebut, selang penyedot atau masukan (inlet) pompa steam dicelupkan ke dalam air. Selanjutnya , air bertekanan tinggi akan keluar dari bagian outlet.

2. Plastik Pelindung

Plastik pelindung digunakan ketika membersihkan atau mencuci bagian indoor (servis Besar ) berfungsi untuk menjaga agar cipratan air steam tidak merusak atau mengotori perabotan lainnya  selain itu, plastik pelindung juga digunakan untuk melindungi rangkain elektronik (PCB indoor) AC.

3. Tubbing Cutter

Digunakan untuk memotong pipa tembaga. Biasanya, digunakan ketika terjadi permasalahan pada pipa, seperti  pipa terlalu panjang, terjepit, terjadi kebocoran, keretakan, atau pipa pecah ketika di bengkokkan.

4. Flaring Tool

Digunakan untuk mengembangkan diameter ujung pipa agar mudah di sambung. Penggunaan flaring sering digunakan untuk menyambung dua pipa menggunakan napple. Untuk mengembangkan diameter ujung pipa, masukkan flaring block dan kencangkan mur pengunci untuk menjepit ujung pipa. Pilih lubang flaring block yang sesuai dengan ukuran pipa agar penguncian pipa lebih stabil dan tidak merusak ujung pipa.

5. Swaging Tool

Hampir serupa dengan flaring. Swaging tool digunakan utuk memperbesarkan ujung pipa. Bedanya terletak pada bentuk ujung atau kepala yang digunakan untuk melbarkan pipa. Swaging berfungsi melebarkan pipa dengan kedalaman tertentu sehingga peralatan ini cocok di gunakan untuk menyambung dua pipa yang berdiameter sama dengan cara pengelasan.

6. Charing Manifold

Charging manifold digunakan untuk mengecek tekanan dan penghampaan (vacuum) ketika mengisi atau membuang refrigeran. Charging manifold sering juga disebut gauge manifold and charging lines karena terdiri dari dua buah presaure gauge, yang digunakan untuk mengukur tekanan tinggi (kurang dari 250 psi) dan tekanan tinggi (kurang dari 500 psi). pada kedua sisinya terdapat dan buah keran dan tiga sambungan keluar menggunakan selang (charging hose) dengan tiga warna berbeda untuk membedakan sisi tekanan yang berbeda.

7. Bending Tube

Bending tube digunakan untuk membengkokkan pipa agar tidak pecah, patah, atau gepeng. Bending tube sangat di anjurkan digunakan untuk membengkokkan pipa yang usia pakainya  cukup lama yang sering bermasalah ketika dibengkokkan.

8. Pompa Vakum

Pompa vakum digunakan untuk membuat sistem pendingin hampa udara sebelum diisin refrigeran. Pemvakuman mutlak harus dilakukan sebelummelakukan pengisian refrigeran. Bisa juga, melakukan pemvakuman dengan mesin AC itu sendiri. Namun, penggunaan pompa vakum lebih memudahkan mengondisikan sistem pendingin menjadi hampa udara.

9. Thermometer Ruangan

Dalam servis AC, thermometer digunakan untuk  mengecek tempratur udara yang masuk dan keluar evaporator. Pastikan thermometer yang digunakan kondisinya masih baik dan respon terhadap perubahan tempratur ruangan.

10. Tang Ampere (Clamp Tester )

Tang ampere digunakan untuk mengukur arus listrik pada saat melakukan perawatan atau perbaikan AC. Disebut tang karena mulut peralatan ini menyerupai tang. Untuk mengukur arus listrik, cukup masukkan salah satu kabel (positif atau negatif ) kedalam mulut tang ampere. Kemudian lihathasil yang terukur  pada skala tang ampere. Di pasara, tang ampere tersedia dalam dua jenis, yaitu tang ampere manual (analog) dan digital. anda bebas memilih jenisnya namun, sebaiknya anda memilih tang ampere yang juga di lengkapi dengan pengukur tahanan (ohm) dan tegangan (volt) listrik.
Selain di gunakan mengukur arus listrik, terkadang para teknisi mesin pendingin juga menggunakan tang ampere untuk mengetahui tekanan refrigeran di dalam sistem pendingin. Nilai arus listrik yang terukur oleh tang ampere bisa dijadikan sebagai patokan tekanan refrigeran di dalam sistem. Hal semacam itu dibenarkan karena perubahan nilai arus listrik dan tekanan sistem adalah berbanding lurus.

11. Gas dan Brander Las

Gas dan brander las digunakan untuk mengelas ketika melakukan penyambungan pipa. Biasanya, gas yang digunakan adalah gas elpiji, sedangkan bahan pengelasnya di gunakan perak (kuningan), timah atau menyusaikan dengan bahan yang akan di las.

12. Tespen

Tespen berfungsi mengecek ada atau tidaknya arus listrik pada sebuah rangkaian instalasi listrik. Selain itu, tespen juga bisa di gunakan sebagai obeng karena memiliki kepala pipih ( - ).

13. Obeng

Obeng digunakan untuk membuka atau mengecangkan mur atau baut ketika melakukan perbaikan  dan perawatan AC. Biasanya, obeng yang sering digunakan adalah jenis obeng kembang (+). Namun, sesekali juga menggunakan obeng minus (-). Ukuran obeng di sesuaikan dengan standar kepala baut yang digunakan.

14. Tang

Tang digunakan untuk menjepit, memotong, atau memegang komponen yang sulit atau bahkan berbahaya apabila di sentuh. Tang biasa digunakan adalah jenis tang kombinasi, yaitu tang yang berfungsi menjepit sekaligus memotong. Pastikan isolasi pembungkus gagang tang yang berada dalam kondisi baik untuk menghindari kejutan listrik( setrum ) ketika melakukan perbaikan kelistrikan AC.

15. Kunci Pas dan Kunci Inggris

Kunci pas digunakan untuk melepas dan memasang mur atau baut. Ukuran yang digunakan biasanya beragam dan penggunaanya di sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Serupa dengan kunci pas, kunci inggris juga digunakan untuk membuka mur baut. Bedanya, kunci inggris bisa di gunakan untuk segala jenis ukuran mur atau baut sampai batas maksimumnya.

16. Kunci L


Kunci L digunakan untuk membuka baut berkepala persegi enam yang menjorok kedalam. Umunya baut-baut tersebut berukuran kecil. Disebut kunci L karena bentuk kunci ini menyerupai ini menyerupai huruf ‘L’.

Oke sobat inilah perlengkapan tentang peralatan kerja AC Split.

Sumber:
Penulis : Juni Handoko
Penerbit : Kawan Pustaka.

0 komentar:

Post a Comment